Mulai bulan Agustus mendatang, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang berencana menampilkan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) seluruh sekolah di Semarang melalui situs yang dimilikinya.


“Kami menampilkannya agar masyarakat nantinya dapat mengetahui besaran dan perincian RAPBS setiap sekolah,” kata Kepala Disdik Kota Semarang, Akhmat Zaenuri, melalui Kepala Bidang Monitoring dan Pengembangan, Nana Storada, Jumat (24/7).

Menurut dia, langkah menampilkan besaran RAPBS setiap sekolah melalui situs Disdik tersebut juga dilakukan untuk menunjukkan transparansi pengelolaan dana yang dilakukan oleh pihak sekolah. Sebab, kata dia, RAPBS nantinya dapat digunakan sebagai acuan untuk menetapkan besaran sumbangan pengembangan institusi (SPI) yang ditarik kepada orang tua siswa dan besarannya bervariasi setiap sekolah.

Ia mengatakan, selama ini mungkin masyarakat hanya mengetahui besaran RAPBS tanpa mengetahui perinciannya. Dengan menampilkannya melalui situs Disdik tersebut, kini masyarakat tidak hanya dapat mengetahui besaran dan perincian RAPBS sekolah tempat anaknya belajar, tetapi juga RAPBS seluruh sekolah yang dilaporkan ke Disdik.

“Kami sedang membahas rencana ditampilkannya RAPBS tersebut, sekaligus menyiapkan software khusus yang bertujuan untuk mempermudah pihak sekolah dalam mengirimkan laporan RAPBS,” katanya.

Nantinya, dengan adanya software tersebut masing-masing sekolah dapat menyusun dan melaporkan RAPBS kepada Disdik dengan format yang seragam, serta dapat juga dikirimkan secara online.

“Sebagian besar sekolah sampai saat ini juga sudah mengirimkan RAPBS kepada kami, dan pada awal Agustus mendatang diharapkan semua sekolah sudah mengirimkannya,” katanya.

Sumber: http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/07/24/12571063/Biar.Transparan..RAPBS.Perlu.Ditampilkan.Online.