NEW YORK–MI: Klip film adegan panas mendiang Marilyn Monroe dengan seorang pria tak dikenal telah dibeli seorang pengusaha, Senin, dengan harga 1,5 juta dolar atau sekitar Rp13,5 miliar, demikian laporan The New York Post.

Film bisu berdurasi 15 menit itu merupakan kopi dari klip film 16 mm hitam putih tahun 1950-an milik Biro Penyelidik Federal (FBI), yang direktur pertamanya Edgar Hoover telah berupaya, namun gagal, untuk mengenali pria dalam film itu, yang tak pernah memperlihatkan wajahnya, apakah Presiden John F. Kennedy atau bukan.

Harian itu menyatakan klip tersebut dijual melalui seorang perantara yang dikenal sebagai Keya Morgan, yang tampaknya menemukan klip ini saat melakukan riset bagi pembuatan film dokumenter tentang Monroe, yang melakukan bunuh diri pada 1962.

Pengusaha yang membeli klip ini meminta namanya agar tetap dirahasiakan, tulis harian itu.

Karena rasa hormatnya pada Marilyn Monroe, pria yang membeli klip film itu tak mau mengolok-olok dan mengedarkannya di internet atau berupaya memanfaatkannya, kata kolektor memorabilia Keya Morgan.

“Itu bukan tujuannya dan saya tak mau nama saya dilibatkan jika itu terjadi,” tutur Morgan.

Kennedy, yang didesas-desuskan memiliki hubungan asmara dengan Monroe pada saat itu, terbunuh pada 1963.

Pada 19 Mei 1962, Monroe melakukan penampilan penting terakhirnya di depan umum, dengan melantunkan lagu “Happy Birthday, Mr. President” pada pesta ulang tahun Presiden Kennedy yang disiarkan televisi di Madison Square Garden.

Gaun yang dikenakan Monroe pada acara tersebut laku terjual dengan harga 1,26 juta dolar pada 1999.

Harga yang demikian tinggi merupakan rekor dunia untuk sehelai busana yang pernah dijual dalam pelelangan. (Ant/OL-02)

sumber: media Indonesia.com