Kewirausahaan Harus Menjadi Karakter, Kurikulum Kewirausahaan Diterapkan di Sekolah Tahun 2010

Kewirausahaan atau entrepreneurship bukan cuma diartikan keterampilan berbisnis. Lebih penting dari itu, kewirusahaan adalah sikap kreatif, inovatif, dan berani mengambil keputusan sehingga harus dijadikan sikap hidup bahkan karakter bangsa.

Demikian pokok pikiran yang terungkap dari pemikiran pengusaha yang juga tokoh pendidikan kewirausahaan, Ciputra; Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama; serta Sudrajat Rasyid, Deputi Mennegpora Bidang Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga. Para tokoh tersebut hadir dalam pembukaan Training of Trainers (TOT) Entrepreneurship yang dilaksanakan Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) di Jakarta, Senin (2/11).

”Dulu saya berpikir lewat pendidikan sudah cukup untuk membuat Indonesia makmur. Tetapi kenapa hingga sekarang tetap saja kita terbelakang? Ternyata tidak cukup menguasai ilmu yang umum saja. Bangsa ini butuh orang-orang yang sanggup mengubah kotoran menjadi emas. Itu ada dalam spirit kewirausahaan,” kata Ciputra.

Menurut Ciputra, kewirausahaan itu bisa diterapkan di semua bidang pekerjaan dan kehidupan. Kewirausahaan juga bisa mengatasi banyak persoalan bangsa, terutama kemiskinan dan pengangguran.

Jakob Oetama mengatakan, kewirausahaan bukan berhenti pada persoalan keahlian. ”Kewirausahaan mesti dikembangkan sebagai budaya dalam arti pembentukan sikap dan penanaman nilai-nilai hidup. ”Bangsa ini tidak butuh ornag-orang yang hanya bisa ngomong saja, tetapi butuh orang yang mau bekerja dan berbuat,” ujar Jakob.

Sudrajat Rasyid mengatakan, semangat kewiarusahaan itu mesti bisa jadi karakter atau budaya semua anak bangsa. Karena itu, perlu rekayasa ulang dalam bentuk pendidikan, pelatihan, serta metode mengembangkan kewirausahaan.

Antonius Tanan, Presiden UCEC, mengatakan, para peserta dalam TOT Entrepreneurship diharapkan bisa menjadi pengusaha dan menjadi pelatih pendidikan kewirausahaan.

Secara terpisah, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, Depdiknas sedang menyusun kurikulum tentang kewirausahaan yang diharapkan selesai akhir Januari 2010 dan dapat dipraktikkan mulai tahun ajaran 2010/2011. ”Ini termasuk program 100 hari,” kata Nuh seusai rapat tingkat menteri hasil Rembuk Nasional 2009 di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat. (ELN/LUK)

Kompas, 3 Nov 2009

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/11/03/04323917/kewirausahaan.harus..menjadi.karakter

Kewirausahaan Harus Menjadi Karakter, Kurikulum Kewirausahaan Diterapkan di Sekolah Tahun 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top