Awas Keputihan bisa Mengakibatkan Kematian dan Kemandulan

Tissue Double Majakani

MASALAH keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan keputihan ini. Padahal keputihan tidak bisa dianggap enteng, karena akibat dari keputihan ini bisa sangat fatal bila lambat ditangani. Tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan dan hamil di luar kandungan, keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian. Apa sebenarnya keputihan itu? Seperti apa ciri-cirinya? Dan bagaimana pencegahannya?
Menurut dr. Sugi Suhandi, spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Mitra Kemayoran Jakarta, keputihan (flour albus) adalah cairan yang berlebihan yang keluar dari vagina. Keputihan bisa bersifat fisiologis (dalam keadaan normal) namun bisa juga bersifat patologis (karena penyakit). Dan keputihan tidak mengenal batasan usia. Berapa pun usia seorang wanita, bisa terkena keputihan.

Keputihan fisiologis biasanya terjadi pada masa subur, juga sebelum dan sesudah menstruasi. “Kadang saat itu ada lendir yang berlebihan, itu normal. Dan biasanya tidak gatal dan tidak berbau,” jelas dr. Sugi. Sedangkan kalau keputihan patologis , adalah keputihan yang terjadi karena infeksi pada vagina, adanya benda asing dalam vagina atau karena keganasan. Infeksi bisa sebagai akibat dari bakteri, jamur atau protozoa. Ciri-ciri keputihan patologis , warnanya tidak seperti lendir. “Keputihan patologis biasanya, warnanya seperti kepala susu, atau hijau kekuning-kuningan, atau bahkan bercampur darah, kalau keputihannya sudah menjadi penyakit,” ujar dr. Sugi. Ketika keputihan sudah menjadi penyakit, wanita yang menderita keputihan patologis ini akan merasa gatal pada daerah vagina, dan lendir yang keluar berbau, sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Banyak hal sebenarnya yang membuat wanita rawan terkena keputihan patologis . Biasanya penyebab keputihan patologis ini karena kuman. “Di dalam vagina sebenarnya bukan tempat yang steril. Berbagai macam kuman ada di situ. Flora normal di dalam vagina membantu menjaga keasaman pH vagina, pada keadaan yang optimal. pH vagina seharusnya antara 3,5-5,5. flora normal ini bisa terganggu. Misalnya karena pemakaian antiseptik untuk daerah vagina bagian dalam. Ketidakseimbangan ini mengakibatkan tumbuhnya jamur dan kuman-kuman yang lain. Padahal adanya flora normal dibutuhkan untuk menekan tumbuhan yang lain itu untuk tidak tumbuh subur. Kalau keasaman dalam vagina berubah maka kuman-kuman lain dengan mudah akan tumbuh sehingga akibatnya bisa terjadi infeksi yang akhirnya menyebabkan keputihan, yang berbau, gatal, dan menimbulkan ketidaknyamanan,” papar dr. Sugi yang sore itu ditemui di RS Mitra Kemayoran.

Begitu seorang wanita melakukan hubungan seks, maka wanita tersebut terbuka sekali terhadap kuman-kuman yang berasal dari luar. Karena itu keputihan pun bisa didapat dari kuman penyebab penyakit kelamin yang mungkin dibawa oleh pasangan seks wanita tersebut. “Jadi sebaiknya jangan gonta ganti pasangan. Atau lebih baik tidak melakukan seks sampai menikah. Karena biasanya pada wanita yang belum pernah melakukan hubungan seks, dan hygienenya baik, jarang sekali kena keputihan patologis . Dan hati-hati, keputihan patologis juga bisa karena proses keganasan. Salah satu Tanda dari kanker leher rahim adalah, adanya keputihan yang berbau busuk bahkan berdarah,” papar dr. Sugi. “Pada wanita yang belum melakukan hubungan seksual, bisa juga terjadi keputihan. Namun penyebab keputihan bisa terjadi karena menggunakan celana dalam bersama, memakai handuk bersama, kurangnya menjaga kebersihan daerah vagina, lalu juga cara cebok yang salah,” tutur dr. Sugi.

Pemakaian sabun antiseptik yang sekarang banyak diiklankan, untuk daerah vagina, sebenarnya tidak masalah bila dipakai sebagai obat luar. Pembilasan vagina ( douchi ) dengan anti septik sebaiknya atas dasar indikasi bila terkena keputihan, sebaiknya ke dokter, daripada mengatasinya sendiri dengan obat-obatan antiseptik yang dimasukkan ke dalam vagina keputihan patologi harus diobati sesuai dengan penyebabnya,” ujar dr. Sugi.

Keputihan sebaiknya diobati sejak dini, begitu timbul gejala. Karena keputihan kalau sudah kronis dan berlangsung lama akan lebih susah diobati. Selain itu kalau keputihan yang dibiarkan bisa merembet ke rongga rahim kemudian kesaluran indung telur dan sampai ke indung telur dan akhirnya ke dalam rongga panggul. Tidak jarang wanita yang menderita keputihan yang kronis (bertahun-tahun) bisa menjadi mandul bahkan bisa berakibat kematian. “Berakibat kematian karena bisa mengakibatkan terjadinya kehamilan di luar kandungan. Kehamilan di luar kandungan, terjadi pendarahan, mengakibatkan kematian pada ibu-ibu,” tegas dr. Sugi. Selain itu yang harus diwaspadai, keputihan adalah gejala awal dari kanker mulut rahim. Jadi jangan sampai terlambat untuk tahu apa yang menjadi penyebab keputihan. Yang pasti jangan anggap remeh keputihan. Supaya kamu tidak menyesal di belakang hari nanti, karena akibat yang ditimbulkan oleh penyakit keputihan ini.

Yang Perlu di perhatikan

* Cara membilas vagina yang benar, setelah habis buang air besar atau sehabis buang air kecil, sebaiknya membilas vagina dari arah depan ke belakang ke arah anus.
* Keputihan fisiologis (normal), ciri-cirinya, lendirnya seperti lendir bening, Tidak gatal dan tidak berbau.
* Keputihan patologis (karena penyakit), ciri-cirinya, warna lendirnya tidak bening lagi tetapi putih seperti kepala susu, bisa kuning kehijauan atau kecoklatan, bahkan bisa kemerahan karena adanya darah. Biasanya disertai rasa gatal, dan ada bau yang menyertainya.

Penyebab Keputihan Patologis (Karena Penyakit):

* Infeksi yang di akibatkan oleh bakteri, jamur, atau protozoa
* Keganasan kanker leher rahim
* Benda asing didalam vagina ( misalnya : kondom yang tertinggal )

Cara mencegah keputihan:

* Menjaga kebersihan daerah vagina
* Membilas vagina dengan cara yang benar
* Jangan suka tukar-tukaran celana dalam menggunakan celana dalam bersama dengan teman wanita lainnya
* Jangan menggunakan handuk bersamaan ( suka tukar-tukaran handuk )
* Lebih berhati – hati dalam menggunakan sarana toilet umum
* Jalani Pola hidup sehat, cukup tidur, olah raga teratur, makan makanan dengan gizi yang seimbang
* Hindari gonta ganti pasangan seksual (seks bebas)
* Bagi wanita yang sudah melakukan hubungan seksual, setiap tahun harus melakukan papsmear untuk mendeteksi perangai sel-sel yang ada di mulut dan leher rahim.

Sumber: RS Mitra Kemayoran
Ditulis oleh Dr. Sugi Suhandi Iskandar
Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan RS MITRA KEMAYORAN

Tissue Double Majakani

107 thoughts on “Awas Keputihan bisa Mengakibatkan Kematian dan Kemandulan”

  1. umph..gw sering keputihan.warnanya kadang bening kadang putih butek kayak susu basi gitu..gatal sih jarang, tp ada aroma lembab gitu..apa ada kemungkinan kemandulan ya?
    apa itu tanda2 ada penyakitnya?
    dulu q perna berhub ma mantanku, nah skrg aku punya cowo lg n qta jg dah nglakuin.. tp lo ama yg ini udah mau nikah seh.. itu berbahaya ya? apa q trmasuk org yang riskan kna penyakit menular sex karna itu?
    thx..

  2. kalo sudah kena keputihan,gimana cara mengatasinya….?kalo boleh tau obatnya pa ja?

  3. Dok aku penengen tau kalo misalkan mengatasinya, pakek yang di iklan2 itu bisa gak ya? seperti betadint yg di jual di toko2.

  4. salam,
    Dok, saya risty, sudah menikah 4 th lalu, dan sekarang memiliki 1 orang puteri. sejak remaja, saya sudah mengalami keputihan, tapi awalnya saya biarkan, karna saya rasa itu wajar bagi remaja yang sedang tumbuh. tapi..lama-kelamaan saya merasa terganggu dengan keputihan saya ini. yang ingin saya tannyakan, keputihan saya kadang berwarna seperti susu, berbau asam, dan kadang keluar bercak darah jika sehabis menstruasi, bahkan belakangan ini saya amati saya sering nyeri (seperti orang yang sedang menstruasi)pada saat keputihan. apakah keputihan saya ini sudah cukup berbahaya? lalu obatnya apa dok? selama ini saya belum konsultasi ke doktermanapun.
    terimakasih.

  5. dok, aku sudah 2 bulan lebih telat datang bulan, sampai saat ini aku pun belum juga menstruasi, tapi selama tidak datang bulan itu aku mengalami keputihan dengan warna putih susu, dan berbau tidak sedap,tapi tidak sering, apa itu gejala atau ciri-ciri wanita yang mengalami penyakit yang disebab kan keputihan? apa itu juga ciri-ciri wanita yang tidak subur dan akan menyebabkan kemandulan? mohon jawabannya dok. terimakasih

  6. askum,aku takut akan berbahaya bagi diriku karna hampir setiap hari aku mengalami keputihan.bagaimana solusinya menurut anda

  7. dok,
    saya sering keputihan, dulu sih emang gak bau & warnanya memang bening…
    tapi sejak 2 th terakhir ini keputihan saya jadi bau & bikin gatal daerah kewanitaan saya..
    2 hari yg lalu keputihan saya keluar darah kental merah tua yg di lapisi lendir2 putih..
    dan bentuknya seperti jelli..
    setiap hari, setiap mandi saya selalu memakai pembersih kewanitaan…
    tetapi itu gak ngefek..
    itu gimana ya dok?
    apa itu serviks?
    di bibir vagina saya juga sering gatal2,meski gak keputihan..
    solusinya gimana dok?

  8. dok,, sya ta.
    yang sya ingin tanyakan, sya sering mengalami keputihan, kadang keputihan sya itu berwarna bening, kdang jg kental sprti susu,,tp tdk gatal ce,,,,
    sya jg baru pertama kali melakukan hbungan sex
    apakah keputihan saya seperti itu berbahaya atau tdk???

    terima kasih,,,

  9. dok .
    sebelum nya saya mau tanya , saya rara umur saya 16 tahun , tapi kenapa saya mengalami keputihan patologis , memang saya sering ber ganti ganti pasangan apakah ada kemungkinan saya mengalami penyakit kanker serviks ?
    saya minta tolong dok mohon beri saya saran dan jalan keluar nya agar saya bisa sembuh dari penyakit ini .
    terima kasih sebelum nya

  10. dok,sya adex.sekarang sya brumur 19tahun.
    sjak dlu sya sdh mnderita keputihan.terkadang keputihannya bening,n trkdg kpthanx spt su2 n berbau..
    dan klo sya capek,kptihan t spti darah..
    pa sya riskan u trkna cancer serviks.?tlg dbntu dok…

    thankz

  11. keputihan aku warna hijau bahaya gak yah terus cara mengobatinya bag? ada yang tau gak tempat berobat yang bagus

  12. dok aku sering keputihan sampe baunya ga enak bangat,bentuk dan warnanya kayak susu kental,dan baru-baru ini keluar bercampur dara dikit,yang mawu saya tanyakan,apa obat untuk menyembuhkannya dok;makasi sebelumya

  13. dok saya mau tanya,, setelah saya menstruasi saya mengalami keputihan. warnanya memang tidak bening, seperti putih susu, namun tidak berbau, hanya saja kadang lendir yang terlalu lembab itu membuat iritasi sehingga terasa perih dan agak gatal..saya sudah pernah berhubungan, biasanya tdk pernah pakai kondom.. dan tidak terjadi masalah apa2. namun setelah saya mencoba pakai kondom. malah terjadi iritasi.. agak gatal di bibir vagina.. apakah itu disebabkan oleh alergi terhadap kondom, ataukah itu gejala penyakit lain, lalu bagaimana cara mengobatinya?? terima kasih.

  14. dok.
    aku masih umur 19 tahun.
    dari vagina aku ada keluar lendir yang warnanya kuning dan berbau. kalo mau M, warnanya coklat.
    tapi vagina aku ga gatal dok.
    dan aku masih perawan,
    jangankan berganti-ganti pasangan, ML aja gak pernah dok.
    apa ada resiko cancer serviks dan kemandulan dok???
    trus, kalo ada resiko cancer serviks kan harus di pap smear gitu, nah aku kan masih punya selaput dara. ntar gimana?? kan bisa sobek..
    waduh dok, kasi tau ya aku kenapa.
    cemas saya dok.
    soalnya saya pingin punya masa depan cerah dok.

  15. Dok saya mau tanya,sudah 5bln ini saya keputihan udah berobat ke bidan n Dr umum g sembuh2 dan terakhir k Dr kandungan msh blm ada perubahan,padahal udah ganti2 antibiotik termasuk obt vaginanya,warnanya k hijauan kalau pi2s agak panas gmn baiknya Dok apa d lanjut k Dr apa?mksih sebelumnya

  16. dok
    saya mau tanya, saya kemarin udah keputihan emg sih agk kekuningan trs bau jg, tp udh diobatin ke dkter, it udh smbuh total ap blm ya dok???
    1 lg dok, skarang sya keputihan lg tp nggk bau cm putih aja.
    it bhaya nggk dok???

  17. ayu
    dok aq mau tanya..aq baru kali ini ngalamin keputihan dah gitu gatal tp ga bau cii..aq pernah ngelakuin hubungan sama pacar aq baru2 ini dan di dekat labiya minora itu seperti ada keputihan yg nempel wlaupun sudah dii bersihkan tetap saja susah hilang
    dulu aq jarang keputihan kaya sekarang…
    apa ada kemungkinan aq kena penyakit…?
    bisa dii sembuhkan ga Dok…??

  18. dok aku keputihan bercampur lendir bening,kadang tidak bercampur lendir tpi keputihannya berwarna putih susu n bergumpal . . gatal juga ga si cuma rasanya lembab . .berbau juga ga . . kira2 kenapa ya dok??apakah bahaya??

  19. Dokk,saya remaja umur 16 tahun.akhir2 ini saya sangat risihh.karena,tiap hari dr vagina saya sering keluar cairan putih susu gitu.juga aq sering banget gatal d daerah vagina.ini sangat menderita buat saya.ap saya mengalami keputihan?? Apa ada obat nya dok? Saya takut mangalami kemandulan.

  20. dok saya baru melahirkan anak pertama saya dan sekarang anak saya berusia 2bulan dan saya sekarang mengalami keputihan berwarna hijau kekuningan tapi tidak bau dan tidak gatal kalo boleh tau apa penyebabnya ya dok keputihan seperti itu dan apakah bisaa diobati dengan obat alami..mohon jwabanx ya dok…???

  21. dok
    saya mau tanya, saya sdh punya 3 orang anak, saya takut sekali sebenarnya ttg keputihan ini, saya mengalami hampir setiap hari, saya selalu berusaha untuk menjaga mr.v utk tetap bersih, tp msh keluar terus seperti kekuning2an, bau, gatal, klo berhubungan kadang perih.
    dok, apa yang harus saya lalukan untuk mengobatinya? saya ingin terbebas dari keputihan.trm ksh banyak bantuannya

  22. saya mengalami keputihan sudah hampir 10 thun,,,, awalnya keluar lendir sprti air susu. berapa tahun kemudian sering keluar lendir bening’ tp tidak gatal, saat ini sering keluar seperti tepung di basahi, kental agak kekuningan, dan gatal di daerah vagina, setiap melakukan hub sex terasa sakit…… bermacam obat sudah saya coba, gimana solusi nya mohon bantuan nya dok……..

  23. bagus, supaya kami para remaja putri diajarkan cara m,encegah keputihan dan semoga aja keputihan ini tidak terdapat di dalam tubuh saya, untung saja saya belum pernah kena keputihan!!! jika saya ada masalah saya akan bertanya pada dokter Sugi!! iklan ini sangat bagus bagi kami bagaimana caranya mencegah keputihan

  24. Jika keputihan yang lama (2th) berwarna putih kekuningan bahkan sampai kehijauan, berbau amis, kadang ada lendir bercampur darah apakah sudah menimbulkan kemandulan.? Sebelumnya sudak berkonsultasi ke dokter dan diberikan obat. Saat ini hanya keputihan bergumpal tapi tidak bau.’apakah ini berbahaya atau tidak yah dok?

  25. dok sya 21 th dan masi perawan,,tapi sering mngalami keputihan yg warnanya putih susu,,bau sih ngga,,tapi gatel..mengganggu sekali…gmana cara mengobatinya ya dok?tolong dijawab ya dok,,sya panik nih takut kenapa2..makasih

  26. Dok..
    Saya sudah menikah 4 tahun, sudah saya periksakan tapi kondisi rahim saya bagus, pernah terlambat mens 2 minggu tapi mens lagi…saya sering keputihan akhir-2 ini, kadang cair terkadang juga warnanya putih kental tapi tidak berbau malah bulan kemaren ketika melakukan hubungan intim keluar seperti lemak/gajih putih seperti gumpalan tepung…
    Dok bahayakan ini?? setelah keputihan saya hilang apakah saya bisa hamil??? trimakasih

  27. saya keputihan sudah berwarna hijau 2 mggu belakangan ini.. kenapa ya?solusi nya bagaimana? apa bahaya?

  28. thanks buat infonya dok,,btw itu terjadi sama saya
    belakangan ini saya keputihan yg warnanya kuning dan baunya tidak enak,tapi tidak gatal sedikitpun dok.
    kenapa y dok? dan apa yang harus saya lakukan untuk mencegahnya,benar2 saya takut :(

    thx dok,,ditunggu jawabannya,

  29. dok sy mau ty,saya pernh merasakn gatal dan kadang keluar lendir,pa lg saat sy mendekati menstruasi keluar lendir warna hitam gt apa itu jg keputihan??? obt unt itu apa y?terima kasih dok,mohon di bls:))

  30. Dok saya eyra umur 19 th….
    Dok kok saya uda keputihan N di daerah vagina kdang2 terasa gatal…
    Pdhal saya g pernah ML, pha itu brbahaya dok? Trus cara mengobatinya gmn dok?
    Tlong d bls d almt e mail q…
    Terima kasih

  31. dok..saya mau tanya,saya keputihan sepanjang hari dok.beberapa hari yang lalu keputihannya terasa gatal sekali.lalu saya kasih pentyliner plus antiseptik khusus miss v..karene ketakutan saya juga minum obat rapet wangi herbal.dan hasilnya keputihan saya menggumpal dan saat dibersihkan sakit sekali.seperti susah keluar.sebelumnya berbentuk lendir tapi sekarang menggumpal.saya masih umur 18 tahun.masih perawan juga.nenek saya meninggal gara2 kanker serviks.kira2menurun ke saya atau gmn ya dok lalu sekarang apa yang harus saya lakukan? trima kasih

  32. Kasihan g ada yang balas, skrg jaman g da yg gratis. biaya jd dokter mahal skalii.. Wani piro!!!!!!

  33. Dok.

    saya baru berumur 12th.saya mau tanya keputihan saya berwarna kadang bening,kadang agag kekuningan,kadang warnanya putih susu itu penyebab penyakit apaya dok.

    bls

  34. dok,,sy ana 19th .sy mau tanya sy sering mengalami keputihan dan itu disaat sy melakukan hub intim dgn suami setelah itu timbul bau yg tdk sedap yg membuat sy menjadi tdk pede….
    kadang warnanya agak kecoklatan sy takut kalau berakibat fatal.
    sy ingin tahu bagaimana cara mengatasinya dan obat apa yg bisa menyembuhkan ??terima ksh

  35. Dok,
    aku ada prob. Ini kali pertama aku alami masalahan keputihan
    dari V aku keluar cecairan kadang bening, kadang keluar putih kekuningan, hijau dan kadang campur darah. nggak gatal bau jugak nggak kuat. Aku risau kerna ini pertama kali aku jadi gni.
    Aku juga baru melakukan hubungan seks sehari selepas habis menstruasi. Dua hari kemudian terus aku jadi gini.Ini sudah hari ke-5 aku alami keputihan berturut2.Tolong kasi penjelasan cara obati masalah aku, dok.

  36. dok..
    saya jg sering keputihan klo hbis haid smggu stlh itu kputihan nya sllu ada kmerahan seperti darah
    gmn y dok cara ngatasi nya

  37. dok aku rhieyae ak sudah menikah 6th yg lalu dan blm diberi keturunan,ak sering bgt keputihan tp yg keluar cairan bening dan kadang berbau. apa itu yg menyebabkab ak blm punya keturunan,mohon diberi solusinya terima kasih…

  38. hay dok…

    nama saya nita…

    saya pnya masalah ne…

    soal keputihan saya sering mngalami keputihan..
    malahan setiap hari dok..
    kadang berwarna putih,kadang berwarna coklat..

    apakah itu berbahaya dok..??
    tolong bntu aya untuk mengatasinya..

    trima kasih sebelunya..

  39. heeeeeeeeeeeeeeemmmmm

    EGP

    gw sibuk,,, gk sempet jwp pertanyaan itu,,,,

    bnyak2 aja cebok pake air daun sirih,,,,,

    ok :)

  40. dok sy mo nanya, sy ada masalah dengan keputihan. lo berhubungan dengan suami sering nempel di mr.p suami, ciri-cirinya warna putih kayak serbuk susu tapi sy tidak merasa gatal. yang saya tanyakan apakah yang sya alami termasuk jenis keputihan yang berbahaya dan menyebabkan kemandulan? soalanya saya sudah 8 bulan menikah sampai sekarang belum hamil ? mohon penjelasannya. terimakasih

  41. saya brumr 19th, mnglmi kptihan slm 2th trakhr ini..wrna kning agaG khjau2an,,trs baux tdak enak,,, ap yg hrus sya lakukan??
    pdhl sy msh prwn,,sy cmn tkut trkna kanker saja..
    tolong kasi tau y

  42. Sejak 2003 saya mengalami keputihan berbentuk lendir bening, tidak gatal, dan tidak berbau. Tapi hampir 2 tahun ini saya mengalami keputihan yang bentuknya seperti tepung basah, tidak berbau, warna seperti kepala susu dan gatal, dan semakin gatal saat saya hamil. Namun setelah saya melahirkan secara sectio 3 bulan yang lalu semuanya hilang, termasuk rasa gatalnya.
    Sekarang disaat anak sudah berumur 3 bulan, saya kembali mengalami keputihan dengan bentuk seperti gajih/lemak, putih, gatal namun tetap tidak berbau. Termasuk saat saya sedang menstruasi gajih itu keluar sedikit2 bercampur dengan darah mens. Tolong info lengkap ada apa sebenarnya dengan bagian sensitif saya. Terima kasih sebelumnya.

  43. dok maya mo nanyak sm mbak
    maya bru nikah sekitar 1 bln yang lalu dok
    sekitar 3 hari ne dok maya mengalami keputihan, dia lengket dok di mulut vagina berwarna putih kental gt dok dan mengakibatkan gatal2

    kira2 itu bahaya gak dok
    soalnya saya da kepengen cpat hamil dok

    tolong bantuannya ya dok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>