Tissue Double Majakani

MASALAH keputihan adalah masalah yang sejak lama menjadi persoalan bagi kaum wanita. Tidak banyak wanita yang tahu apa itu keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan keputihan ini. Padahal keputihan tidak bisa dianggap enteng, karena akibat dari keputihan ini bisa sangat fatal bila lambat ditangani. Tidak hanya bisa mengakibatkan kemandulan dan hamil di luar kandungan, keputihan juga bisa merupakan gejala awal dari kanker leher rahim, yang bisa berujung pada kematian. Apa sebenarnya keputihan itu? Seperti apa ciri-cirinya? Dan bagaimana pencegahannya?
Menurut dr. Sugi Suhandi, spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan RS Mitra Kemayoran Jakarta, keputihan (flour albus) adalah cairan yang berlebihan yang keluar dari vagina. Keputihan bisa bersifat fisiologis (dalam keadaan normal) namun bisa juga bersifat patologis (karena penyakit). Dan keputihan tidak mengenal batasan usia. Berapa pun usia seorang wanita, bisa terkena keputihan.

Keputihan fisiologis biasanya terjadi pada masa subur, juga sebelum dan sesudah menstruasi. “Kadang saat itu ada lendir yang berlebihan, itu normal. Dan biasanya tidak gatal dan tidak berbau,” jelas dr. Sugi. Sedangkan kalau keputihan patologis , adalah keputihan yang terjadi karena infeksi pada vagina, adanya benda asing dalam vagina atau karena keganasan. Infeksi bisa sebagai akibat dari bakteri, jamur atau protozoa. Ciri-ciri keputihan patologis , warnanya tidak seperti lendir. “Keputihan patologis biasanya, warnanya seperti kepala susu, atau hijau kekuning-kuningan, atau bahkan bercampur darah, kalau keputihannya sudah menjadi penyakit,” ujar dr. Sugi. Ketika keputihan sudah menjadi penyakit, wanita yang menderita keputihan patologis ini akan merasa gatal pada daerah vagina, dan lendir yang keluar berbau, sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Banyak hal sebenarnya yang membuat wanita rawan terkena keputihan patologis . Biasanya penyebab keputihan patologis ini karena kuman. “Di dalam vagina sebenarnya bukan tempat yang steril. Berbagai macam kuman ada di situ. Flora normal di dalam vagina membantu menjaga keasaman pH vagina, pada keadaan yang optimal. pH vagina seharusnya antara 3,5-5,5. flora normal ini bisa terganggu. Misalnya karena pemakaian antiseptik untuk daerah vagina bagian dalam. Ketidakseimbangan ini mengakibatkan tumbuhnya jamur dan kuman-kuman yang lain. Padahal adanya flora normal dibutuhkan untuk menekan tumbuhan yang lain itu untuk tidak tumbuh subur. Kalau keasaman dalam vagina berubah maka kuman-kuman lain dengan mudah akan tumbuh sehingga akibatnya bisa terjadi infeksi yang akhirnya menyebabkan keputihan, yang berbau, gatal, dan menimbulkan ketidaknyamanan,” papar dr. Sugi yang sore itu ditemui di RS Mitra Kemayoran.

Begitu seorang wanita melakukan hubungan seks, maka wanita tersebut terbuka sekali terhadap kuman-kuman yang berasal dari luar. Karena itu keputihan pun bisa didapat dari kuman penyebab penyakit kelamin yang mungkin dibawa oleh pasangan seks wanita tersebut. “Jadi sebaiknya jangan gonta ganti pasangan. Atau lebih baik tidak melakukan seks sampai menikah. Karena biasanya pada wanita yang belum pernah melakukan hubungan seks, dan hygienenya baik, jarang sekali kena keputihan patologis . Dan hati-hati, keputihan patologis juga bisa karena proses keganasan. Salah satu Tanda dari kanker leher rahim adalah, adanya keputihan yang berbau busuk bahkan berdarah,” papar dr. Sugi. “Pada wanita yang belum melakukan hubungan seksual, bisa juga terjadi keputihan. Namun penyebab keputihan bisa terjadi karena menggunakan celana dalam bersama, memakai handuk bersama, kurangnya menjaga kebersihan daerah vagina, lalu juga cara cebok yang salah,” tutur dr. Sugi.

Pemakaian sabun antiseptik yang sekarang banyak diiklankan, untuk daerah vagina, sebenarnya tidak masalah bila dipakai sebagai obat luar. Pembilasan vagina ( douchi ) dengan anti septik sebaiknya atas dasar indikasi bila terkena keputihan, sebaiknya ke dokter, daripada mengatasinya sendiri dengan obat-obatan antiseptik yang dimasukkan ke dalam vagina keputihan patologi harus diobati sesuai dengan penyebabnya,” ujar dr. Sugi.

Keputihan sebaiknya diobati sejak dini, begitu timbul gejala. Karena keputihan kalau sudah kronis dan berlangsung lama akan lebih susah diobati. Selain itu kalau keputihan yang dibiarkan bisa merembet ke rongga rahim kemudian kesaluran indung telur dan sampai ke indung telur dan akhirnya ke dalam rongga panggul. Tidak jarang wanita yang menderita keputihan yang kronis (bertahun-tahun) bisa menjadi mandul bahkan bisa berakibat kematian. “Berakibat kematian karena bisa mengakibatkan terjadinya kehamilan di luar kandungan. Kehamilan di luar kandungan, terjadi pendarahan, mengakibatkan kematian pada ibu-ibu,” tegas dr. Sugi. Selain itu yang harus diwaspadai, keputihan adalah gejala awal dari kanker mulut rahim. Jadi jangan sampai terlambat untuk tahu apa yang menjadi penyebab keputihan. Yang pasti jangan anggap remeh keputihan. Supaya kamu tidak menyesal di belakang hari nanti, karena akibat yang ditimbulkan oleh penyakit keputihan ini.

Yang Perlu di perhatikan

* Cara membilas vagina yang benar, setelah habis buang air besar atau sehabis buang air kecil, sebaiknya membilas vagina dari arah depan ke belakang ke arah anus.
* Keputihan fisiologis (normal), ciri-cirinya, lendirnya seperti lendir bening, Tidak gatal dan tidak berbau.
* Keputihan patologis (karena penyakit), ciri-cirinya, warna lendirnya tidak bening lagi tetapi putih seperti kepala susu, bisa kuning kehijauan atau kecoklatan, bahkan bisa kemerahan karena adanya darah. Biasanya disertai rasa gatal, dan ada bau yang menyertainya.

Penyebab Keputihan Patologis (Karena Penyakit):

* Infeksi yang di akibatkan oleh bakteri, jamur, atau protozoa
* Keganasan kanker leher rahim
* Benda asing didalam vagina ( misalnya : kondom yang tertinggal )

Cara mencegah keputihan:

* Menjaga kebersihan daerah vagina
* Membilas vagina dengan cara yang benar
* Jangan suka tukar-tukaran celana dalam menggunakan celana dalam bersama dengan teman wanita lainnya
* Jangan menggunakan handuk bersamaan ( suka tukar-tukaran handuk )
* Lebih berhati – hati dalam menggunakan sarana toilet umum
* Jalani Pola hidup sehat, cukup tidur, olah raga teratur, makan makanan dengan gizi yang seimbang
* Hindari gonta ganti pasangan seksual (seks bebas)
* Bagi wanita yang sudah melakukan hubungan seksual, setiap tahun harus melakukan papsmear untuk mendeteksi perangai sel-sel yang ada di mulut dan leher rahim.

Sumber: RS Mitra Kemayoran
Ditulis oleh Dr. Sugi Suhandi Iskandar
Spesialis Kebidanan & Penyakit Kandungan RS MITRA KEMAYORAN

Tissue Double Majakani

132 Replies to “Awas Keputihan bisa Mengakibatkan Kematian dan Kemandulan”

  1. umph..gw sering keputihan.warnanya kadang bening kadang putih butek kayak susu basi gitu..gatal sih jarang, tp ada aroma lembab gitu..apa ada kemungkinan kemandulan ya?
    apa itu tanda2 ada penyakitnya?
    dulu q perna berhub ma mantanku, nah skrg aku punya cowo lg n qta jg dah nglakuin.. tp lo ama yg ini udah mau nikah seh.. itu berbahaya ya? apa q trmasuk org yang riskan kna penyakit menular sex karna itu?
    thx..

  2. salam,
    Dok, saya risty, sudah menikah 4 th lalu, dan sekarang memiliki 1 orang puteri. sejak remaja, saya sudah mengalami keputihan, tapi awalnya saya biarkan, karna saya rasa itu wajar bagi remaja yang sedang tumbuh. tapi..lama-kelamaan saya merasa terganggu dengan keputihan saya ini. yang ingin saya tannyakan, keputihan saya kadang berwarna seperti susu, berbau asam, dan kadang keluar bercak darah jika sehabis menstruasi, bahkan belakangan ini saya amati saya sering nyeri (seperti orang yang sedang menstruasi)pada saat keputihan. apakah keputihan saya ini sudah cukup berbahaya? lalu obatnya apa dok? selama ini saya belum konsultasi ke doktermanapun.
    terimakasih.

  3. dok, aku sudah 2 bulan lebih telat datang bulan, sampai saat ini aku pun belum juga menstruasi, tapi selama tidak datang bulan itu aku mengalami keputihan dengan warna putih susu, dan berbau tidak sedap,tapi tidak sering, apa itu gejala atau ciri-ciri wanita yang mengalami penyakit yang disebab kan keputihan? apa itu juga ciri-ciri wanita yang tidak subur dan akan menyebabkan kemandulan? mohon jawabannya dok. terimakasih

  4. askum,aku takut akan berbahaya bagi diriku karna hampir setiap hari aku mengalami keputihan.bagaimana solusinya menurut anda

  5. dok,
    saya sering keputihan, dulu sih emang gak bau & warnanya memang bening…
    tapi sejak 2 th terakhir ini keputihan saya jadi bau & bikin gatal daerah kewanitaan saya..
    2 hari yg lalu keputihan saya keluar darah kental merah tua yg di lapisi lendir2 putih..
    dan bentuknya seperti jelli..
    setiap hari, setiap mandi saya selalu memakai pembersih kewanitaan…
    tetapi itu gak ngefek..
    itu gimana ya dok?
    apa itu serviks?
    di bibir vagina saya juga sering gatal2,meski gak keputihan..
    solusinya gimana dok?

  6. dok,, sya ta.
    yang sya ingin tanyakan, sya sering mengalami keputihan, kadang keputihan sya itu berwarna bening, kdang jg kental sprti susu,,tp tdk gatal ce,,,,
    sya jg baru pertama kali melakukan hbungan sex
    apakah keputihan saya seperti itu berbahaya atau tdk???

    terima kasih,,,

  7. dok .
    sebelum nya saya mau tanya , saya rara umur saya 16 tahun , tapi kenapa saya mengalami keputihan patologis , memang saya sering ber ganti ganti pasangan apakah ada kemungkinan saya mengalami penyakit kanker serviks ?
    saya minta tolong dok mohon beri saya saran dan jalan keluar nya agar saya bisa sembuh dari penyakit ini .
    terima kasih sebelum nya

  8. dok,sya adex.sekarang sya brumur 19tahun.
    sjak dlu sya sdh mnderita keputihan.terkadang keputihannya bening,n trkdg kpthanx spt su2 n berbau..
    dan klo sya capek,kptihan t spti darah..
    pa sya riskan u trkna cancer serviks.?tlg dbntu dok…

    thankz

  9. dok aku sering keputihan sampe baunya ga enak bangat,bentuk dan warnanya kayak susu kental,dan baru-baru ini keluar bercampur dara dikit,yang mawu saya tanyakan,apa obat untuk menyembuhkannya dok;makasi sebelumya

  10. dok saya mau tanya,, setelah saya menstruasi saya mengalami keputihan. warnanya memang tidak bening, seperti putih susu, namun tidak berbau, hanya saja kadang lendir yang terlalu lembab itu membuat iritasi sehingga terasa perih dan agak gatal..saya sudah pernah berhubungan, biasanya tdk pernah pakai kondom.. dan tidak terjadi masalah apa2. namun setelah saya mencoba pakai kondom. malah terjadi iritasi.. agak gatal di bibir vagina.. apakah itu disebabkan oleh alergi terhadap kondom, ataukah itu gejala penyakit lain, lalu bagaimana cara mengobatinya?? terima kasih.

  11. dok.
    aku masih umur 19 tahun.
    dari vagina aku ada keluar lendir yang warnanya kuning dan berbau. kalo mau M, warnanya coklat.
    tapi vagina aku ga gatal dok.
    dan aku masih perawan,
    jangankan berganti-ganti pasangan, ML aja gak pernah dok.
    apa ada resiko cancer serviks dan kemandulan dok???
    trus, kalo ada resiko cancer serviks kan harus di pap smear gitu, nah aku kan masih punya selaput dara. ntar gimana?? kan bisa sobek..
    waduh dok, kasi tau ya aku kenapa.
    cemas saya dok.
    soalnya saya pingin punya masa depan cerah dok.

  12. Dok saya mau tanya,sudah 5bln ini saya keputihan udah berobat ke bidan n Dr umum g sembuh2 dan terakhir k Dr kandungan msh blm ada perubahan,padahal udah ganti2 antibiotik termasuk obt vaginanya,warnanya k hijauan kalau pi2s agak panas gmn baiknya Dok apa d lanjut k Dr apa?mksih sebelumnya

  13. dok
    saya mau tanya, saya kemarin udah keputihan emg sih agk kekuningan trs bau jg, tp udh diobatin ke dkter, it udh smbuh total ap blm ya dok???
    1 lg dok, skarang sya keputihan lg tp nggk bau cm putih aja.
    it bhaya nggk dok???

  14. ayu
    dok aq mau tanya..aq baru kali ini ngalamin keputihan dah gitu gatal tp ga bau cii..aq pernah ngelakuin hubungan sama pacar aq baru2 ini dan di dekat labiya minora itu seperti ada keputihan yg nempel wlaupun sudah dii bersihkan tetap saja susah hilang
    dulu aq jarang keputihan kaya sekarang…
    apa ada kemungkinan aq kena penyakit…?
    bisa dii sembuhkan ga Dok…??

  15. dok aku keputihan bercampur lendir bening,kadang tidak bercampur lendir tpi keputihannya berwarna putih susu n bergumpal . . gatal juga ga si cuma rasanya lembab . .berbau juga ga . . kira2 kenapa ya dok??apakah bahaya??

  16. Dokk,saya remaja umur 16 tahun.akhir2 ini saya sangat risihh.karena,tiap hari dr vagina saya sering keluar cairan putih susu gitu.juga aq sering banget gatal d daerah vagina.ini sangat menderita buat saya.ap saya mengalami keputihan?? Apa ada obat nya dok? Saya takut mangalami kemandulan.

  17. dok saya baru melahirkan anak pertama saya dan sekarang anak saya berusia 2bulan dan saya sekarang mengalami keputihan berwarna hijau kekuningan tapi tidak bau dan tidak gatal kalo boleh tau apa penyebabnya ya dok keputihan seperti itu dan apakah bisaa diobati dengan obat alami..mohon jwabanx ya dok…???

  18. dok
    saya mau tanya, saya sdh punya 3 orang anak, saya takut sekali sebenarnya ttg keputihan ini, saya mengalami hampir setiap hari, saya selalu berusaha untuk menjaga mr.v utk tetap bersih, tp msh keluar terus seperti kekuning2an, bau, gatal, klo berhubungan kadang perih.
    dok, apa yang harus saya lalukan untuk mengobatinya? saya ingin terbebas dari keputihan.trm ksh banyak bantuannya

  19. saya mengalami keputihan sudah hampir 10 thun,,,, awalnya keluar lendir sprti air susu. berapa tahun kemudian sering keluar lendir bening’ tp tidak gatal, saat ini sering keluar seperti tepung di basahi, kental agak kekuningan, dan gatal di daerah vagina, setiap melakukan hub sex terasa sakit…… bermacam obat sudah saya coba, gimana solusi nya mohon bantuan nya dok……..

  20. bagus, supaya kami para remaja putri diajarkan cara m,encegah keputihan dan semoga aja keputihan ini tidak terdapat di dalam tubuh saya, untung saja saya belum pernah kena keputihan!!! jika saya ada masalah saya akan bertanya pada dokter Sugi!! iklan ini sangat bagus bagi kami bagaimana caranya mencegah keputihan

  21. Jika keputihan yang lama (2th) berwarna putih kekuningan bahkan sampai kehijauan, berbau amis, kadang ada lendir bercampur darah apakah sudah menimbulkan kemandulan.? Sebelumnya sudak berkonsultasi ke dokter dan diberikan obat. Saat ini hanya keputihan bergumpal tapi tidak bau.’apakah ini berbahaya atau tidak yah dok?

  22. dok sya 21 th dan masi perawan,,tapi sering mngalami keputihan yg warnanya putih susu,,bau sih ngga,,tapi gatel..mengganggu sekali…gmana cara mengobatinya ya dok?tolong dijawab ya dok,,sya panik nih takut kenapa2..makasih

  23. Dok..
    Saya sudah menikah 4 tahun, sudah saya periksakan tapi kondisi rahim saya bagus, pernah terlambat mens 2 minggu tapi mens lagi…saya sering keputihan akhir-2 ini, kadang cair terkadang juga warnanya putih kental tapi tidak berbau malah bulan kemaren ketika melakukan hubungan intim keluar seperti lemak/gajih putih seperti gumpalan tepung…
    Dok bahayakan ini?? setelah keputihan saya hilang apakah saya bisa hamil??? trimakasih

  24. thanks buat infonya dok,,btw itu terjadi sama saya
    belakangan ini saya keputihan yg warnanya kuning dan baunya tidak enak,tapi tidak gatal sedikitpun dok.
    kenapa y dok? dan apa yang harus saya lakukan untuk mencegahnya,benar2 saya takut 🙁

    thx dok,,ditunggu jawabannya,

  25. dok sy mau ty,saya pernh merasakn gatal dan kadang keluar lendir,pa lg saat sy mendekati menstruasi keluar lendir warna hitam gt apa itu jg keputihan??? obt unt itu apa y?terima kasih dok,mohon di bls:))

  26. Dok saya eyra umur 19 th….
    Dok kok saya uda keputihan N di daerah vagina kdang2 terasa gatal…
    Pdhal saya g pernah ML, pha itu brbahaya dok? Trus cara mengobatinya gmn dok?
    Tlong d bls d almt e mail q…
    Terima kasih

  27. dok..saya mau tanya,saya keputihan sepanjang hari dok.beberapa hari yang lalu keputihannya terasa gatal sekali.lalu saya kasih pentyliner plus antiseptik khusus miss v..karene ketakutan saya juga minum obat rapet wangi herbal.dan hasilnya keputihan saya menggumpal dan saat dibersihkan sakit sekali.seperti susah keluar.sebelumnya berbentuk lendir tapi sekarang menggumpal.saya masih umur 18 tahun.masih perawan juga.nenek saya meninggal gara2 kanker serviks.kira2menurun ke saya atau gmn ya dok lalu sekarang apa yang harus saya lakukan? trima kasih

  28. Dok.

    saya baru berumur 12th.saya mau tanya keputihan saya berwarna kadang bening,kadang agag kekuningan,kadang warnanya putih susu itu penyebab penyakit apaya dok.

    bls

  29. dok,,sy ana 19th .sy mau tanya sy sering mengalami keputihan dan itu disaat sy melakukan hub intim dgn suami setelah itu timbul bau yg tdk sedap yg membuat sy menjadi tdk pede….
    kadang warnanya agak kecoklatan sy takut kalau berakibat fatal.
    sy ingin tahu bagaimana cara mengatasinya dan obat apa yg bisa menyembuhkan ??terima ksh

  30. Dok,
    aku ada prob. Ini kali pertama aku alami masalahan keputihan
    dari V aku keluar cecairan kadang bening, kadang keluar putih kekuningan, hijau dan kadang campur darah. nggak gatal bau jugak nggak kuat. Aku risau kerna ini pertama kali aku jadi gni.
    Aku juga baru melakukan hubungan seks sehari selepas habis menstruasi. Dua hari kemudian terus aku jadi gini.Ini sudah hari ke-5 aku alami keputihan berturut2.Tolong kasi penjelasan cara obati masalah aku, dok.

  31. dok aku rhieyae ak sudah menikah 6th yg lalu dan blm diberi keturunan,ak sering bgt keputihan tp yg keluar cairan bening dan kadang berbau. apa itu yg menyebabkab ak blm punya keturunan,mohon diberi solusinya terima kasih…

  32. hay dok…

    nama saya nita…

    saya pnya masalah ne…

    soal keputihan saya sering mngalami keputihan..
    malahan setiap hari dok..
    kadang berwarna putih,kadang berwarna coklat..

    apakah itu berbahaya dok..??
    tolong bntu aya untuk mengatasinya..

    trima kasih sebelunya..

  33. dok sy mo nanya, sy ada masalah dengan keputihan. lo berhubungan dengan suami sering nempel di mr.p suami, ciri-cirinya warna putih kayak serbuk susu tapi sy tidak merasa gatal. yang saya tanyakan apakah yang sya alami termasuk jenis keputihan yang berbahaya dan menyebabkan kemandulan? soalanya saya sudah 8 bulan menikah sampai sekarang belum hamil ? mohon penjelasannya. terimakasih

  34. saya brumr 19th, mnglmi kptihan slm 2th trakhr ini..wrna kning agaG khjau2an,,trs baux tdak enak,,, ap yg hrus sya lakukan??
    pdhl sy msh prwn,,sy cmn tkut trkna kanker saja..
    tolong kasi tau y

  35. Sejak 2003 saya mengalami keputihan berbentuk lendir bening, tidak gatal, dan tidak berbau. Tapi hampir 2 tahun ini saya mengalami keputihan yang bentuknya seperti tepung basah, tidak berbau, warna seperti kepala susu dan gatal, dan semakin gatal saat saya hamil. Namun setelah saya melahirkan secara sectio 3 bulan yang lalu semuanya hilang, termasuk rasa gatalnya.
    Sekarang disaat anak sudah berumur 3 bulan, saya kembali mengalami keputihan dengan bentuk seperti gajih/lemak, putih, gatal namun tetap tidak berbau. Termasuk saat saya sedang menstruasi gajih itu keluar sedikit2 bercampur dengan darah mens. Tolong info lengkap ada apa sebenarnya dengan bagian sensitif saya. Terima kasih sebelumnya.

  36. dok maya mo nanyak sm mbak
    maya bru nikah sekitar 1 bln yang lalu dok
    sekitar 3 hari ne dok maya mengalami keputihan, dia lengket dok di mulut vagina berwarna putih kental gt dok dan mengakibatkan gatal2

    kira2 itu bahaya gak dok
    soalnya saya da kepengen cpat hamil dok

    tolong bantuannya ya dok

  37. dok maya mo nanyak sm dok
    maya bru nikah sekitar 1 bln yang lalu dok
    sekitar 3 hari ne dok maya mengalami keputihan, dia lengket dok di mulut vagina berwarna putih kental gt dok dan mengakibatkan gatal2

    kira2 itu bahaya gak dok
    soalnya saya da kepengen cpat hamil dok

    tolong bantuannya ya dok

  38. Askum…..dok saya mau tnx dok,saya kptihan sdh lama skali dok,dn bentukx seperti gumpalan tepung,dn berbau,saya sdh menikah 3th tpi blm pnx anak dok,apakh karna pengaruh keputihan saya dok,ap solusinx dok?gmn cara menyembuhkanx??thank’s

  39. Dok. Saya ingin tanya umur sy 30th…saya klo melakukan hubungan suami istri cairan yg saya keluarkan baunya dak enak..spt bau busuk tp tdk gatal…

  40. dok , saya mau tanya …saya umur 18thn dan saya masih perawan .
    saya sering mengalami keputihan waranya bening , tidak berbau , dan tidak menyebabkan gatal .. tapi kadang juga berwarna putih susu dan agak kental .. itu berbahaya gak ya ??
    tolong di balas yaa ,, saya bingung ini bahaya tidak …

  41. Dok sy mo nanya.. Saya biasa keputihan baik yg bening atau yg wrna susu tapi Bulan ini setelah menstruasi sy keputihan berwarna kecoklatan tapi tidak gatal namun ad sedikit bercak darah yang keluar bersama keputihannya dan darahnya agak gelap
    saat Menstruasi waktunya memang singkat hanya 3 or 4 hari dan biasanya saya M itu lamanya seminggu. Ini terjadi karna saya minum jamu binari dan dijamu ini jika mengeluarkan lendir yg ekstra baiknya dianjurkan melanjutkan pemakaian hingga pnyakit ini betul betul sembuh

    Apakah keputihan ini ada gangguannya dengan rahim dan sebenarnya apa yang terjadi pada saya.apakah hanya efek singkatnya menstruasi atau efek dari jamunya ?
    Saat ini saya blum pernh brkonsultasi pada siapapun. Mhon bantuannya dok

  42. dok, sya mau tanya..
    saya umur 18 thn nih.
    dan udah keputihan selama bertahun – tahun, bahkan sebelum menstruasi..
    sampai sekarang, kepuitihan itu jadi tambah parah..
    sampai berbau, dan warnanya pun sudah mulai berubah kecoklat – coklatan..
    kadang juga gatal..
    saya sangat terganggu dengan ini, akhirnya sejak beberapa bulan yang lalu saya pke pantyliner , tetapi sama sekali tidak mengurangi efeknya..
    saya takut ini akan berbahaya.. menurut dokter gmana??

  43. dok sya nerumur 23 tahun,, saya sering hampir setiap hari keputihan, keluar lendir berwarna bening.. tapi kadang2 seperti putih susu
    apa itu berbhaya dok?
    bgmna solusinya

  44. dok nama saya irfah
    saya cewek umur 18 tahun, n di umur saya yang ke 17 tahun saya bukan perawan lagi,saya sering melakukan hubungan intim dengan pacar saya, dulu memang saya sering mengalami keputihan tetapi masih bening, n minggu ini ada yang berubah saya mengalami keputihan yang kadang berwarna kuning n kadang warnanya putih susu n mengental, bau sih tidak tetapi agak gatal, apakah ini juga termasuk ciri2 keputihan patologis,,,,???? n low boleh tau obatx apa…..????
    mohon di jawab…
    n terima kasih sebelumnya…

  45. Dok
    sya akhir” ini mengalami k’putihan ,warna nya putih susu,kuning,tpi terkadang trcampur warna darah,
    dan bsa” sakit perut dok
    apakah gejala ithu bsa trserang penyakit atau tidak dok,
    saya sudah trganggu akan k’putihan ini
    sya uga takut jika sya mandul
    tolong d’blz ea dok
    thankz

  46. dok sy mau nanya,stlh mlhir kn ank kdua sy mngalami keputihn,awlnya kputihn sy brwrn bening dan lama2 keputihan sy brwrn putih susu,apakah itu di akibtkn penyakit menular krn suami sy punya istri yg laen n istrinya itu suka ganti2 psngn dok.sy sngt takut dok…. Tlong dijwb ya dok

  47. dok saya mau nanya, saya sering mengalami keputihan, dan baru-baru ini keputihan saya sering disertai dengan darah.
    kadang keputihan saya ini warnanya bening dan kadang warnanya seperti susu. apakah ini ciri-ciri dari kanker serviks?

  48. Dokternya ga ada yg jawab yeee . Jadi makin galau -.-
    Dokter , sy keputihan sudah lama sekali . Mungkin 3th yg lalu ketika masih di SMA. Awalnya ya cuek aja. Ak pikir ya wajar klo cewek keputihan. Tapi ini uda ga wajar kalo lama sekali.
    Tapi saya udah berobat ke dokter SPKK!! Tidak ada perubahan -.-
    Sya sudah habis uang sekitar total 2jt
    Keputihan saya berwarna putih susu , kental . Tiap hari keluar (???????) . Saya bingung hrus gmn . Kadang saya masukin tissu ke lubang vagina , biar keputihannya nempel ditissu and ga terlalu banyak nempel di celana dalam / pantyliner .
    Apa keputihan yang sudah 3tahun bisa sembuh?

  49. dookk.. umur sy 19 taun, blm menikah. dok, keputihan sy berwrna puth, tdk gatal n tdk berbau. apa karna sering memakai tissue? atau karna apa? keputihan itu keluar setiap hari yg menjadikan sy tidak nyaman karna harus gonta-ganti clana dalam. thx

  50. dok saya acha, saya sudah lama suka keputihan, sampai warna kuning dan cokelat, kata dokter” yg pernah saya kunjungu katanya saya infeksi,
    tp smpai saat ini saya belum ada perubahan pd keputihan saya, apa bisa d sembuhkan,,??

  51. nama saya friza
    dok, saya mau nanyak ni, saya dah be2rapa minggu ni saya keputihan terus, kira2 berbahaya gak ma rahim saya dok. saya takut banget ni,,,,,,,
    friza mohon jawaban dokter

  52. dok saya sudah menikah sejak umur 17th
    say blm puna anak
    sya pernah mgalami keputihan yang kental sperti susu dan berbau,kira2 itu berbahaya gak dok?
    setelah melakukan IVA keputihan sya hanya berupa lendir kadang berbau juga?

  53. Dok, saya mau tanya, saya ini baru berumur 13 tahun.. tapi setiap hari keputihan, dan warnanya itukuning dan berlendir, bau amis, dan vagina terasa gatal, bagaimana ya dok solusinya? apakah anak seusia saya boleh mengkonsumsi obat kimia seperti betadine yag khusus untuk vagina? Apakah tidakberbahaya dok?Terima Kasih

  54. Dok,nama saya nunk. Saya berumur 21thn dan mash prawan Saya sering skali mengalami kpuTihan bAhkan tiap hari kluar’y kadang2 berbeda2,kadang2 putih sprti lendir dan klo sudah kering brubah jd menggumpal,kadang2 jg brbentUk cair dan aga bau,kputihan in sudah brtahun2 bahkan sblm saya haid,. Apa kah in brbahaya? Tolng di jawab ya d0k. . . Trimakash.

  55. Dok,nama saya nunk. Saya berumur 21thn dan mash prawan Saya sering skali mengalami kpuTihan bAhkan tiap hari kluar’y kadang2 berbeda2,kadang2 putih sprti lendir dan klo sudah kering brubah jd menggumpal,kadang2 jg brbentUk cair dan aga bau,kputihan in sudah brtahun2 bahkan sblm saya haid,. Apa kah in brbahaya dan bagai mana cra png0batan’y? Tolng di jawab ya d0k. . . Trimakash.

  56. dog sy mau bertanya sy ini usia 22 tahun, 2 minggu ini sy mengeluarkan cairan putih kekuning-kuningan; tidak gatal, tdk sakit, tetapi kental dan memanjang sampai 7 cm itu ada.. sy ketakutan; apakah itu berbahaya, dan sy da mencaba mengobatinya tp lum periksa dokter, sy beli obat di apotik. bgmn ya dog, sy sedikit kwatir ada apa2.. ?

  57. mikum , dok saya mnderita keputihan sudah hampir 5 bulan rasanya gatal dan berbau. semakin hari bau nya itu smakin busuk. lalu saya periksa ke bidan di kasih obat metronidazolle alhmdullah bau nya hilang akn ttpi trkadang msh keputihan dan msh gatal. semakin hari wrna keputihan itu kekuningan brcmpur hijau. saya hrs gmna?,,saya mnta solusi dr anda.

  58. mo tanya dok,,pada saat sya melakukan hub dgn pasangan sya knpa trkdang bsah dan keluar lendir putih,,tp tdak gatal ataupun berbau..apa itu keputihan ya dok,..berbhaya kah dok?tolong d jawab dok,,dan bgaimana solusinya untuk menghilangkan lendir itu,..trimakasih

  59. Dok saya mau tanya
    stiap x melakukan hubungan
    tp akhr2nya keluar keputihan sperti susu
    apakah itu suatu masalah jawab dong dokter

  60. Assalamualaikum dok sy ela 20 thn.sy blm menikah.setelah membaca text d atas sy ingn tny sy sering keputihan hampir setiap hri,kadang putih kental,kdg putih susu agak padat.dan kadag berbau.serta gatal.apalagi saat sy mulai nafsu..akn cepat keluar keputihan yg berlebihan tp saya tdk pernah berhubugan intim.kendala saya,sekarang d daerah vagina saya.muncul penyakit kulit yg sagat gatal.dan membuat saya tidak nyaman.kadang2 dari penyakit kulit it hbs d garuk keluar air.seperti keringat.saya takut terkena kanger atau penyakit2 lainya.bagaimana solusinya dok.dan bagaimana sy bsa melihat n membaca k0mentar dokter tentang keadaan keputihan saya.trimakash dan wassalamualaikum.

  61. dokter sy berumur 20th..
    Dari umur 17th sya sudah memulai aktiftas sexsual dok..
    Lalu saya keputihan, awalnya bening, tapi sekrang seperti tepung yg mengental itu dok, kalo pas kencing pasti keluar juga, dan sekarang sangat gatal pada bagian vagina saya dok, tolong di balas ya dok, saya takut akan efeknya soalnya dok..
    Trmakasi sblmnya..

  62. dok, saya mau tnya, sblm ny saya gk tau apakah saya pnya pnykit kptihan ato tdk.
    Tp ahr2 ne saya perhtikan sring keluar ptih2 kental agk kehjauan, n gatal2 d pnggr vagna saya.
    Apa kah ini jg trmsuk pnykit it?

  63. salam nak tnye ni dok. sy nie bru umur 12 thun,
    sy ade mslh skit tntg keputihan,
    saya terkeluar keputihan warna merah..
    adakah itu penyakit dok?
    adakah saya boleh smbhyg,??
    saya amat takut jikaulau keputihan yang keluar warna merah adalah penyakit.
    saya nak dok tolong jelaskan, sbg perempuan sye tkut tntg keputihan

  64. dok,,sy belakangan nie keputihan..kental kekuningan,,berbau dan gatal..tidak nyaman..
    pertanyaan sy :
    1. berbahaya atau tidak
    2. pengobatan hrs seperti apa
    3. klo k dokter..lbih tepat dokter kelamin atau kandungan
    terima kasih.

  65. Ass..dok sy mau nax nie,,kn khamilan sya udah 2bulan,yg aq prtaxkan aqnya sering kputihan, kputihanx tuh biasax brbau trus warnax agk putih kekuningan gituu, ,apa gk brbahaya bagi kandungan? ?

  66. Dok saya mau nnya nama saya nia .
    Umur saya msih 16 thun tpi saya mempunyai keputihan udah lama bget dok , nah keputihan saya itu wrna kuning kehijau2an . Saya pgen nnya
    Apakah bahaya keputihan saya itu dok ?
    Apakh bisa menyebabkan kanker keputihan saya dok ?
    Apa obatnya dok ?
    Tnks !

  67. dok sy mey umur 19th sdh pernh brhbngan intm sm suami sy mngalami kputihan wrnanya putih tp menggumpal dan baunya aneh gak bsuk sih to agak amis trus kdang agak sprti bau bwang ptih kdang wrnanya jga kuning kental sprti krimsusu bahayakah ittu dok ,

  68. Untuk semuanya jikalau mengalami keputihan yang berbahaya jauh lebih baik langsung pergi ke dokter kulit & kelamin. Tp seperti yang diketahui bahwa harga dari biaya berobat dokter specialist itu jauh lebih mahal daripada dokter umum. Jauh lebih baik langsung ke dokter supaya tau apa yang terjadi. selamat berobat semua! 🙂

  69. Dok saya wanita usia 18thn,, saya mengalami keputihan sesudah mentruasi berwarna putih susu dan dan agak mengental,,dan setiap saya melakukan hubungan sex sllu sqt d awal..tetapi saya melakukan sex itu sangat jarang skali ,, ada 2minggu sekali,atau pun 1bln skali,,tlong jwb saya btul2 ingin hamil

  70. dok, saya mau tanya: saya gadis berusia 34 tahun, belum menikah, saya keputihan sudah hampir 1,5 tahun, keputihannya seperti bubuk susu dan kadang sering terasa gatal di bibir vagina, sakit di bagian panggul n terkadang terasa tertusuk2 jarum dibagian bibir vagina nya, sudah periksa ke dr dan cek ke lab n katanya ada bakteri echoli n sudah dikasi obat, tp tidak juga sembuh. kira2 keputihan saya berbahaya atau tidak n kira2 saya harus minum obat apa biar keputihan saya sembuh.
    trimakasi sebelum n sesudahnya atas bantuan nya dokter.

  71. Dok, saya mengalami keputihan ..
    Putih Seperti susu dan gatal, tp sekarang menjadi kekuningan dan kental berbau tidak sedap, tetapi sudah tidak gatal.. Setelah melakukan hubungan bersama suami ada bercak darah di kelamin nya. Apakah keputihan saya itu berbahaya ??
    Mohon jawaban nya dok, thanks

  72. dok, saya mau tanya. keputihan saya koq berwarna hijau tp tidak bau & tidak gatal. bagaimana mengobatinya & cara pencegahannya?
    trimakasih

  73. Dok…tolong saya dok?
    Saya meili umur saya 22thn saya mau konsultasi dok..
    Saya kan sudah punya suami dok..truss saya punya ank satu saya ada minum pil kb..
    Tu hari selepas minum pil kb saya datang M selepas M saya datang keputihan keluar kekuning-kuningan dan bes bau busuk…tolong saya dok saya benar benar terganggu dan saya tidak pernah mengalami masalah seperti ini…saya sudah minum jamu..pun masih juga begini…

  74. dok nie sy ifa
    dok keputihan saya warnax purtih susu n agak mengental gmna nih dok klu it berbahaya..
    ak hrs ngapain
    bls y dok

  75. Ass..
    Saya berusia 19thn. Saya suka mengeluarkan lendir merah kecoklatan bhkan pernah menjdicoklat pekat.. di bagian perut bawah kanan sya juga suka merasakan nyeri apalagi jika saya mendekapkan kaki saya kebagian dada.. untuk msalah haid sya juga tidak lancar, sekarang mlah jdi sebulan 2x dan itupun tdak selalu mengeluarkan darah akan tetapi kadang juga mengeluarkan lendir merah kecoklatan.. apakan tanda2 pennyakit dari keluhan saya ini.
    Mohon penjelasan.a dok,
    Terimakasih,

  76. dok, saya mau tanya, saya mengalami seperti keputihan..
    tp tidak cair maupun kental, melainkan hampir mirip dengan lemak susu…
    tapi tidak berbau…
    cuma menyebabkan gatal pada daerah selangkangan..
    itu karena apa ya?
    bisa tolong diberi penjelasan.
    terimakasih

  77. askum.. dok saya mau tany,hampir tiap hri saya keputihan warna putih susu cair ato g warna coklat cair.sdikit berbau n tdk gatal.crng kluar z bersamaan klu gy pup.
    tu knp ea dok n berbahaya g?n mohon pnjlsan z
    trmksh..

  78. Hai temans ak seorang ibu umur25th mempunyai putri umur 3,5th blm lama ini ak keputihan dgn ciri2 keputihan seperti keju nempel didinding vagina gak mau keluar sendiri itu berlangsung 1minggu saya mencoba mengobati sndiri tp gak berhasil lalu keputihannya jd putih susu pecah gtu encer ak periksa kedokter spesialis kandungan dikasih beberapA obat ada yg dimasukkan kevagina udh 1minggu pengobTan n hasilnya keputihanku sembuh wlp masih keluar lendir tp itu efek dr obat kata dokerku. Nah jika teman2 mengalami keputihan disertai gatal panas dan bengkak pada vagina segeralah berobat kedokter spesialis kandungan itu lebih baik. Mumpung blm terlambat karena keputihan ternyata bahaya kalau udh abnormal lebih cepat lebih baik.

  79. Dok , saya sering bgt keputihan warna’a putih susu dia bau tapi tidak gatal itu knp ya dok tolong di jawab ya saya berumur 18 dan saya udh pernah melakukan seks tolong di jawab ya dok , makasih
    obat’a apa ya dok !

  80. Setelah baca beberapa coment diatas sy bisa bantu jawab beberapa (yg sy tau). Cairan lendir yg kluar saat melakukan hubungan intim dengan pasangan itu nama.y cairan orgasme dan itu sangat normal terjadi bahkan kalau gak ada cairan itu bisa2 terjadi iritasi krn gesekan.

    Keputihan saat akan menstruasi itu wajar terjadi krn lendir yg mengelilingi sel telur tak dibuahi akan kluar duluan sblm sel telur itu (dlm bentuk darah haid) bahkan gumpalan saat haid itu sebenarnya campuran lendir dan darah.

    kalau yg lainnya saya kurang tau…..

  81. Aku jual pantyliner dan suplement untuk keputihan, miom, dan gangguan otgan kwanitaan lain, keputihan jangan di anggp enteng sis

  82. Dok sya ?ª??? tanya ini ko sya ada keputihan tapi banyak seperti gumpalan tepung dok, bergumpal gumpal knp ya dok? ?ªª?ªªsìí??.

  83. Dok aku mau tanya dong . Kalo keputihannya berwarna susu putih kental / seperti keju. Tapi terjadi cuma 2hari saja (Terjadi sebulan sekali) Gatal dan berbau.
    Itu bahaya ngga sih dok ?
    Minta tolong solusinya. Terimakasih

  84. Dok..saya mau tanya knp saya keluar lendir coklat sedikit banget Paling kalo di lap tisu baru keliatan tp lam Dok udh 8 hari belum sembuh..?

  85. Dok.
    Saya vina saya gadis berumur 17thn . Dok saya kadang keputih annya bening dan kdang hijau. Kadang juga gk keputihan. Apakah keputihn saya berbahaya. Saya juga kdang merasakan sakit di lingkar pinggang dn vagina saya
    Terima kasih dok. Mohon bantuannya

  86. Kalau sudah terjadi keputihan patologis apakah bisa di obati dan dengan cara apa mengobatinya, tolong di jawab ya dok pertanyaanku ini. Sebelumnya terimakasih dok.

  87. Dok.Saya mengalami keputihan sama percis dengan ciri2 keputihan patologis, saya mohon bantuan dok bagaimana cara mengobatinya soalnya saya takut dok d bagian vagina saya sering mengalami gatal2. Mohon ya dok bantuannya

  88. Dok saya keputihn hijau kekuning kuningn tppi kdng bnyk kdng sedikit klo lg sakit lingkar pinggamg kluarny bnyak n cra mngtasiny ya dok

  89. dok saya mw tanya…d vagina saya keluar gumpalan sperti keju putih pink gtu kaya ada darahnya…itu knapa ya dok…saya takut ada pnyakit serius…
    agak berbau gtu dokk…
    kasiih solusinya ya dok..trima kasih

  90. dok saya mau tanya, saya pernah mengalami keputihan seperti susu kental, tapi sekarang keluar keputihan seperti tahu putih yang sangat banyak dan keluar darah dikit.. juga bau yang gak ilang ilang apa kah itu berbahaya dok ?

  91. Dok dulu area v saya gatel bgt
    Lama kelamaan keluar cairan yg sangat lumayan gatel
    Setelah itu gak lama kemudian keputihan lagi keluar cairan warna putih keju
    Dan sekarang keluar lagi dengan warna merah kecoklatan
    Adakah solusi nya dok
    Takut kena kanker dan takut gak punya keturunan

  92. Dok aku mau nanyak
    Aku blm dpat mensturasi 2bln sampai skrng aku blm dpat dan aku mengalami keputihan bwarna putih kental,dan bewarna hitam dan mengakibatkan gatal

    Kira2 itu bahaya ngak dok..
    mhon solusinya dok …

  93. Dok saya mau tnyak keputihan saya berubah* kadang* putih susu,kuning, dan pernah seperti bercampur darah. Apa kan itu berbahaya dok??
    Bagai mna cara pencegahan nya??
    Tolong solusi nya dok..
    Mohon di balas ya dok

  94. Dok, sy sdh menikah 7th tp blm dkaruniai anak. Memang sy punya masalah keputihan sejak msh SMA. Dan sekarang sy merasakan keputihan sy berbau telur busuk. Apa yg harus sy lakukan dok? Dulu sy pernah kedokter tp sekarang blm lg krn sy takut kalau akan kemandulan. Bagaimana ini dok? Sy stress memikirkanny

  95. Dok saya gadis berusia 19 tahun, mau izin bertanya, kenapa saat saya tidur tanpa celana dalam keluar caiiran bening encer dan berbau? apakah saya sedang bermasturbasi? keluarnya cairan tersebut berbahaya atau tidak bagi kondisi vagina saya? mohon penjelasan dari dokter ya. atas jawaban dokter saya ucapkan terimakasih.

  96. Dok saya gadis berusia 19 tahun, mau izin bertanya, kenapa saat saya tidur tanpa celana dalam keluar caiiran bening encer dan berbau? apakah saya sedang bermasturbasi? keluarnya cairan tersebut berbahaya atau tidak bagi kondisi vagina saya? selanjutnya mengapa saat saya membaca atau melihat hal yang berkaitan tentang reproduksi misal bersenggama cairan tersebut keluar? mohon penjelasan dari dokter ya. atas jawaban dokter saya ucapkan terimakasih.

  97. Dok sya keputihan nya berwarna kehijauan tapi tidak bau. Tpi Seperti tahu yg di hancurkn berbahaya kah itu. Tolong jawabnya di tunggu trmaksih

  98. Dok sya mau tnya akhir” ini vagina aku keluar lendir tp kog wrnanya coklat gtu…..q jdi tkut stelah tau info” itu apa q terkena penyakit keputihan patologis soalnya q dh selesai msa menstruasi.tlng ksih solusinya donk dok…..soalnya q tkut bnget

  99. dok
    saya mau tanya? blm lama ini saya mengalami keputihan seperti gumpalan tepung dan rasanya itu gatal tapi tdk berbau, sebelumya saya mengalami seperti beser terus setelah itu keputihan seperti gumpalan tepung
    dok kira kira itu kenapa? dan cara mengatasinya bagaimana?
    tolong dok solusinya,

  100. dok saya mulai kputihan waktu saya kelas 7 smp,, wktu itu kputihannya masih bening dok,,tapi setelah saya SMA kputihannya mulai agak berbau dan warnanya agak kekuning2an dok,,, dan sekarang saya sudah di bangku kuliah keputihannya juga masih sama pada waktu saya masih SMA,,,apakah saya sudah terkena penyakit tersebut dok ?

  101. dok. saya baru menikah blum genap 1 minggu.
    saat saya mau melakukan hubungan, saya melihat adanya cairan putih di vagina isteri saya, warnya putih dan berbau menyengat, apakah isteri saya sudah terkena penyakit rahim?
    apa yg harus saya lakukan dok?

  102. Dok saya mau tanya saya kan kb 3 bln tp sudah berenti palah skng selalu keluar cairan berwarna kekuningan bau nya manis kaya kueh itu kenapa ya dok bahaya atau tidak

  103. saya silvi usia 22tahun , saya menikah sudah 2 tahun belum juga memiliki anak , karena saya keputihan udah 1tahun lbih bagaimana solusi nya ya dok mohon dibantu

  104. Dok saya uda 4 bulan tidak menstruasi sudah di tespek & periksa hasil y nihil ..keputihan saya warna y kuning .bau & gatal di bgian bibir vagina apkah itu tanda” mandul .?

  105. Saya mau tanyak dok, saya dalam sebulan yg lalu kb, tapi sekarang sudah tdk lagi, tapi dalam sebulan ini saya mengalami keputihan, awalnya putih dan tdk berbau, dan sekarang ini keputihan saya sudah berubah warna kemerahan dan kecoklatan, tidag setiap hari mengalami Rasa gatal, Dan saya tdk mendapati nyeri diperut, apakah yg harus saya lakukan dok, saya sudah siberi obat KETOCONAZOLE apakah itu bisa membantu dok?

  106. Dok sekarang saya ngalamin hal yang sama.
    Keluar keputihan berwarna coklat di sertai gatal tapi tidak berbau.
    Saya belum menikah dan belum pernah melakukan seksual.
    Apa itu juga penyakit??

    1. Dok, saya juga blm menikah. 1 mnggu lbh saya mengalami keputhan berwarna coklat, tidak gatal dan tidak ada bau busuk. Tapi saya takut, karena baru kali ini saya keputihan berwarna coklat di luar masa subur saya. Mohon pencerahannya dok

  107. Dok aku mau tanya, aku keputihan agak keijoan, trus kalo udah kencing suka anyeung²ngan kaya masih pengen kecing tapi yg keluar lendir darah
    Itu knpa ya dok ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *