Perluas jaringan pasar, peserta WEDA ikuti pameran UMKM Kota Malang

Beragam upaya pengembangan UMKM terus dilakukan Pemerintah Kota Malang. Menutup akhir 2022, melalui kolaborasi bersama berbagai stakeholder ekonomi kreatif Kota Malang yang di-organize oleh Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag), Kota Malang mengadakan acara pameran produk UMKM.

Melalui UMKM dampingannya, Komunitas Averroes sebagai organisasi yang memiliki perhatian pada ekonomi kreatif terut serta berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. “tahun ini kami bersama 80 pelaku UMKM di Kota Malang dan Kota Batu berkegiatan bersama melalui program Women Economic Development Academy (WEDA). Program yang memang kami dedikasikan untuk pengembangan UMKM melalui pemanfaatan platform digital. Gayung bersambut, kami pun menyambut baik dengan mengikutsertakan UMKM dampingan kami yang di Kota Malang untuk bisa menjadi bagian dari pameran yang diinisiasi oleh Pemkot Malang tersebut”, ujar Sutomo selaku ketua Averroes.

Meskipun sekarang sudah era-nya digital, tetapi kegiatan yang secara langsung mempertemukan penjual dengan pembeli semacam pameran masih penting. Setidaknya, dengan kegiatan ini, pelaku UMKM bisa mengukur daya saing produk yang dihasilkan, serta memperluas jaringan pasar online yang telah dibangun sebelumnya. Ditambah lagi, pada pameran kali ini Pemerintah Kota Malang juga menghadirkan para buyer atau pembeli besar. Tentunya ini menjadi ajang bagi pelaku UMKM untuk bisa menampilkan dan menawarkan produk terbaiknya, serta berkesempatan untuk mendapatkan pembeli dengan kapasitas besar. Tambahnya

Sementara itu, Luki Herawati peserta WEDA dari Lowokwaru mengungkapkan rasa senangnya bisa mengikuti kegiatan pameran ini. Melalui kegiatan ini, dia bisa menampilkan produk terbaiknya, sekaligus bisa melihat dan berbincang bersama pelaku UMKM lainnya, baik yang memiliki produk serupa atau tidak dalam rangka mengembangkan usaha yang dimilikinya.

Meskipun saya belum mampu menarik buyer yang akan membeli produk kain rajut saya, setidaknya saya bisa bertemu dan ngobrol langsung dengan para pembeli besar. Dengan demikian saya bisa belajar dan tahu bagaimana supaya produk saya bisa diterima oleh para buyer. Ungkapnya.

Acara digelar di gedung Malang Creative Center (MCC), Blimbing Kota Malang selama 4 hari. Mulai kamis (8/12/2022) hingga minggu (11/12/2022) ini menghadirkan para buyer atau pembeli besar dan ratusan UMKM dari berbagai macam jenis seperti kriya, kuliner, batik dan sebagainya.

 

Perluas jaringan pasar, peserta WEDA ikuti pameran UMKM Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top