Probolinggo, 27 Maret 2023 – Penguatan ketahanan usaha UMKM melalui pemanfaatan platform digital terus dilakukan. Menginjak training kedua Program Digital Transformation and Strengthening Resilience of SMEs, kerjasama Komunitas Averroes dengan Sampoerna untuk Indonesia (SUI), bertema strategi pemasaran dan branding usaha UMKM Komunitas Averroes ajak pelaku UMKM Probolinggo mengetahui karakter konsumen serta mampu mengenali produk hingga mengetahui prosedur dalam melakukan ekspor.
Yudha Fasilitator Komunitas Averroes menjelaskan bahwa, training strategi pemasaran dan branding usaha UMKM dikemas dalam tiga sesi akan mengupas tentang strategi pemasaran produk, Membangun branding usaha, serta pengenalan ekspor produk. Hal ini dimaksudkan agar peserta mampu merencanakan pengembangan usaha jangka panjang.
“Memulai sebuah bisnis membutuhkan perencanaan dan manajeman sebaik mungkin. Harapannya, bisnis yang dikelola peserta bisa tumbuh dan bekembang ke depannya,” terang Yudha.
Selain itu Yudha memaparkan bahwa, Training strategi pemasaran dan branding usaha UMKM dilaksanakan selama dua hari, menghadirkan pakar di bidangnya masing-masing.
“Kami hadirkan narasumber handal, diantaranya: Ketua Bidang Perindustrian, Perdagangan dan ESDM HIPMI Kabupaten Probolinggo, Mohammad Reza, S.T, kemudian Ketua Gerakan Ekonomi Kreatif Kabupaten Probolinggo, Muhammad Afifuddin, serta Agung Surya Jati, Owner Gudangbawang.com,” papar Yudha.
Yudha menambahkan bahwa, paska training ini akan dilaksanakan tindak lanjut agar apa yang didapatkan pada setiap sesi lebih dipahami.
“Nantinya, tindak lanjut akan membahas hal teknis dari setiap materi. Selain peserta memahami teori dari training, peserta juga akan praktik sehingga mengerti dan paham tentang hal teknis yang disampaikan,” pungkas Yudha.