Probolinggo, 6 Mei 2023 – Komunitas Averroes secara konsisten terus melakukan peningkatan kemampuan digitalisasi pelaku UMKM melalui program Digital Transformation and Strengthening Resilience of SME, kerja sama antara Komunitas Averroes dengan Sampoerna untuk Indonesia (SUI). Tema “Digital Marketing dan Pengelolaan Media Sosial UMKM” menjadi tajuk dalam training ketiga ini. Yang mana sebelumnya telah membahas manajemen kelembagaan dan keuangan pada training pertama, serta strategi pemasaran dan branding usaha pada training kedua.
Yudha Pradana, Fasilitator Komunitas Averroes memaparkan bahwa, training sebelumnya lebih menekankan pada kelembagaan dan marketing secara umum, sebagai fondasi. Sementara dalam pelatihan ketiga kali ini, materi yang diberikan lebih spesifik pada marketing sales digital.
“Dengan rangkaian materi Jenis-jenis penjualan yang mencakup soft selling, hard selling, dan covert selling. Kemudian manajemen pengelolaan Instagram. Dan terakhir potensi pengembangan bisnis melalui ruang digital,” papar Yudha.
Yudha menambahkan, setiap materi dibawakan oleh narasumber yang ahli dalam bidangnya diantaranya, Muhammad Ilham Rosyidi dari Graphic Designer Ogi Collective Branding & Design Studio Kota Probolinggo, Anas Fathullah dari Tim Media PCNU Kota Malang, serta Zainurrozak S dari Koordinator Komunitas Forum Kota Probolinggo Kreatif.
“Hal ini menyangkut dengan dunia digital. Agar materi mudah diserap oleh peserta, pilihannya adalah narasumber yang muda dan berkopeten di bidangnya,” ungkap Yudha.
Selain itu, Yudha juga menambahkan bahwa, pasca training akan dilaksanakan coaching sebagai implementasi yang telah diterangkan oleh para narasumber. Melalui coaching peserta akan sering melakukan praktik-praktik dengan platform yang sudah diajarkan.
“Harapannya, agar mereka terbiasa. Karena apapun kalau sudah terbiasa, akan menjadi bisa,” pungkas Yudha.