Menyambut 25 tahun bergulirnya program ini, Djarum Bakti Pendidikan kembali akan menjaring mahasiswa-mahasiswa berprestasi baik dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS). Sudahkah universitas Anda menjalin kerja sama dengan program tersebut? Cari tahu dan daftarkan segera!

Didedikasikan khusus bagi para mahasiswa calon peraih gelar S-1, program beasiswa Djarum Bakti Pendidikan terbuka bagi yang baru menyelesaikan kuliah di semester IV. Hanya, mahasiswa tersebut harus berasal dari universitas-universitas yang telah menjalin kerja sama dengan program corporate social responsibilities (CSR) milik PT Djarum ini.

Sampai tahun 2009 ini, sudah 71 universitas di lebih dari 20 provinsi yang menggandeng kerja sama. Artinya, masih banyak kesempatan yang masih terbuka untuk Anda.

Menurut Renitasari, Manajer Komunikasi Perusahaan PT Djarum, pendaftaran program ini dibuka mulai awal Mei hingga akhir pada Juni 2009 mendatang. Bertema “Come Join Us!”, tahun ini jumlah “kue” beasiswa yang tersedia sebanyak 450 mahasiswa.

“Seleksi dimulai pada awal Agustus dan penerimaannya baru pada September mendatang,” tutur Renita. Selama satu tahun, 450 mahasiswa tersebut akan memperoleh uang beasiswa sebesar Rp 600.000 per bulan. “Di luar itu, mereka juga akan memperoleh berbagai pelatihan kecakapan individu seperti outbound, leadership training program, enterpreneurship training skills program, dan sebagainya,” tambahnya.

Syarat umum dan khusus

Sebagai persyaratan umum, Anda harus berusia maksimal 21 tahun dan duduk sebagai mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan S-1. Selain telah menempuh waktu kuliah di semester 4, prestasi akademis Anda pun harus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,00.

Tidak hanya prestasi akademis. Anda juga harus aktif berorganisasi. Selain itu, Anda tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.

Sebagai syarat khusus, pengajuan aplikasi beasiswa ini harus lebih dulu Anda ajukan ke perguruan tinggi tempat Anda menimba ilmu. Surat permohonan itu harus melalui Bagian Administrasi Kemahasiswaan atau Pembantu Rektor III. Surat tersebut harus dilampiri dengan bukti hasil studi di semester IV, surat keterangan aktif di organisasi, KTP, surat keterangan dari kampus terkait tidak sedang menerima beasiswa lain, serta selembar foto Anda memakai jas almamater.

Satu hal lain yang juga penting. Beasiswa ini diprioritaskan bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu. “Karena masih banyak mahasiswa berprestasi yang menemui kendala dalam biaya pendidikannya,” kata Renita.

Tertarik menjadi 1 dari 450 mahasiswa penerima beasiswa Djarum Bakti Pendidikan ini? Kunjungi situs mereka di http://www.beswandjarum.com.

Sumber: Kompas, Kamis, 7 Mei 2009 | 20:11 WIB

http://www.kompas.com/lipsus052009/pread/xml/2009/05/07/20111296/Tersedia..450.Kue.Beasiswa.dari.Djarum..